Senin, 26 Januari 2015

Pola dan Menu Makan untuk Anak Usia  Sekolah
Makanan anak sekolah perlu mendapatkan perhatian, mengingat masih dalam masa pertumbuhan, makan keseimbangan gizinya harus dipertahankan supaya tetap sehat. Kebutuhan kalori ditentukan berat badan, usia dan aktifitas anak. Anak laki-laki pada usia 10-12 tahun membutuhkan energi sekitar 200 kkal, sedangkan anak perempuan membutuhkan sekitar 1900 kkal. Kebutuhan energi untuk anak 7-9 tahun adalah sekitar 1800 kkal dan anak usia taman kanak-kanak (4-6 tahun) membutuhkan sekitar 1600 kkal.
Makanan sehari untuk anak usia sekolah sebaiknya terdiri atas tiga kali makanan lengkap dan dua kali snack di antara waktu makan. Susunan hidangan terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah dan susu. Karena bahan makanan tersebut mengandung zat gizi makro dan zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh.
Jumlah bahan makanan rata-rata sehari anak usia 1-9 tahun berdasarkan AKG ( angka kecukupan gizi) terlihat pada tabel berikut .
Anjuran
Usia 8-13 Tahun
Nasi
Ikan
Tempe
Sayur
Buah
Susu
Minyak
Gula Pasir
5,5 p
2 p
2 p
3 p
3 p
1 p
4 p
2 p

*) Berdasarkan angka kecukupan gizi
**) Penukar
Sumber : Almatsier, dkk. 2011. Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan
Pola makan anak usia SD ( usia 7-9 tahun dan 10-12 tahun adalah ) sebagai berikut :
1.      Pada usia 7-9 tahun anak pandai menentukan makanan yang disukai karena sudah kenal lingkungan
2.      Banyak anak menyukai makanan jajanan yang hanya mengandung karbohidrat dan garam yang hanya akan membuat cepat kenyang dan bisa menggangu nafsu makan anak
3.      Perlu pengawasan supaya tidak salah memilih makanan karena pengaruh lingkungan
4.      Pada anak usia 10-12 tahun, kebutuhan sudah harus dibagi dalam jenis kelaminnya. Anak laki-laki lebih banyak aktifitas fisik sehingga memerlukan energi yang lebih banyak dibandingkan anak perempuan. Anak perempuan sudah mengalami masa haid sehingga memerlukan lebih banyak protein, zat besi dari usia sebelumnya. Perlu diperhatikan pola pentingnya sarapan pagi supaya konsentrasi belajat tidak terganggu.

Menu makanan satu hari untuk anak usia sekolah

Makan Pagi
Pukul 10.00
Makan siang
Pukul 16.00
Makan Malam
·      Nasi lapis (nugget ayam campur brokoli)
·      Susu coklat
·       Roti isi keju Pisang
·      Nasi putih bola daging saus tiram
·      Tahu goreng isi sayuran
·      mangga
·       agar melon
·      nasi putih
·      cah bayam udang
·      semangka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar